SOLUSI ARSIP DOKUMEN DIGITAL ANDA

Panduan Membersihkan Scanner ADF

1. Pastikan mesin scanner dalam keadaan off, lalu lepaskan kabel power dan USB.

2. Lap bagian luar Scanner manakala terlihat berdebu atau kotor. Tindakan ini mencegah banyak debu atau kotoran masuk kedalam mesin Scanner.

3. Cara membuka Scanner sebelum dibersihkan. Tarik tuas berwarna abu-abu lalu bukalah Scanner bersamaan dengan tuas.

4. Bersihkan “Roller” (karet penarik kertas), setidaknya seminggu sekali, dengan menggunakan lap lembab (bukan lap basah). Tindakan ini membersihkan Roller dari debu-debu kertas, sehingga proses penarikan kertas pada Scanner tetap optimal. Pastikan Roller telah kering sebelum pemasangan kembali.

5. Bersihkan kedua “Mata Scan” dengan lap kering, disarankan dengan bahan Microfiber agar tidak meninggalkan debu. Lap secara searah agar tidak menimbulkan goresan pada mata scan.

6. Lap bagian lain yang terdapat debu dan kotoran secara menyeluruh, lalu tutup kembali Cover Scanner ADF.

Merawat Scanner

Selain membersihkan mesin Scanner, pentinglah juga Anda mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan agar mesin Scanner dapat terawat dan terpakai secara optimal. Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan dalam merawat mesin Scanner :

1. Matikan mesin Scanner jika sudah tidak terpakai.

membersihkan-merawat-21-off

2. Dalam proses scan, hendaknya selalu mengingat untuk melepas/mencabut Staples/Paperclip yang ada pada dokumen terlebih dahulu. Hindari juga hal-hal seperti lakban, lem, tip-ex dan tinta belum kering. Tindakan ini mencegah goresan pada mata Scanner (tipe ADF) dan permukaan kaca Scanner (tipe Flatbed), hal ini amat penting dan harus diingat selalu.

3. Gantilah Pick-Up Pad pada mesin Scanner (khusus tipe ADF) jika sudah aus. Gunanya adalah memastikan penarikan kertas berjalan secara teratur. Pada setiap pembelian Scanner ADF, Anda akan mendapat 1 Pick-Up Pad cadangan pada dus. Untuk membeli Pick-Up Pad tambahan bisa.

4. Bila terjadi Paper Jam atau terjepitnya kertas dokumen, jangan langsung ditarik paksa untuk mengeluarkan dokumen. Bukalah terlebih dahulu cover mesin ADF, tutup kembali dan lanjutkan proses scan dengan menaruh kembali dokumen Anda.

5. Lakukan kalibrasi secara berkala sesuai pemakaian (disarankan 2 minggu sekali) untuk memaksimalkan kualitas hasil scan.

6. Patuhi batas penggunaan ideal dari tiap mesin scanner. Pada spesifikasi setiap tipe Scanner Anda akan dapat menemukan batas ideal dari penggunaan per hari nya. Hal ini ditujukan agar mesin Scanner tidak mengalami pemakaian berlebih (overwork).

Menu

Jual Scanner Plustek Terlengkap!

WordPress Themes