SOLUSI ARSIP DOKUMEN DIGITAL ANDA

TOLONG! Dokumen Saya Pudar

Nota-nota atau struk-struk belanjaan yang penting harus disimpan sebagai bukti pembelian, transfer, atau pembayaran. Tetapi kendalanya teks dokumen-dokumen tersebut mudah sekali pudar sehingga susah dibaca. Dengan scanner Plustek, ada loh cara mudahnya untuk membantu keterbacaan teks dokumen.

Banyak sekali dokumen yang perlu disimpan dalam bentuk digital. Terutama dokumen-dokumen yang pendek masa umur simpannya, contohnya dokumen yang menggunakan teknik tinta bon dan teknik hot-print (seperti struk atm bank). Dokumen-dokumen tersebut apabila disimpan dalam waktu yang cukup lama akan mudah pudar dan sukar dibaca, padahal dokumen tersebut penting untuk keperluan manajemen akunting dan finance bisnis Anda. Scanner juga dapat difungsikan menjadi alat bantu memperbaiki dokumen yang sudah pudar teks nya sebagai alat dokumentasi digital.

Berikut contoh dari dokumen yang sudah pudar dan di scan ulang dengan pengaturan tertentu pada scanner:

contoh dokumen struk atm pudar
contoh dokumen nota yang sudah pudar

2 contoh dokumen diatas adalah tipe dokumen yang biasa kita jumpai dan penting untuk disimpan. Kedua jenis dokumen tersebut tidak cocok untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama, karena cepat pudar tinta/teks-nya.

Dengan menggunakan scanner yang diatur secara tepat, dokumen pudar pun bisa menjadi terbaca lagi dengan kategori cukup baik. Caranya adalah dengan mengatur Threshold (cocok untuk dokumen hitam putih) atau Gamma (cocok untuk dokumen berwarna) pada software DocAction (software khusus bawaan scanner Plustek).

● Contoh gambar struk ATM diatas menggunakan teknik Threshold, karena dokumen asli hanya mempunyai 2 warna saja (pada struk ATM biasanya kertas berwarna putih dan tulisan teks biru atau hitam) dan keterbacaan dokumen asli sudah cukup parah.
● Sedangkan gambar contoh nota diatas menggunakan teknik Gamma, karena dokumen asli berwarna dan kualitas teks pada dokumen masih cukup baik.

1. Untuk pengaturan Gamma, diturunkan kurang dari 1.00 (pengaturan default), untuk menghasilkan warna yang lebih “matang”, sehingga teks yang sudah pucat menjadi lebih terbaca. Contoh diatas (struk ATM) kami mengatur tingkat Gamma hingga ke 0.2*

2. Untuk pengaturan Threshold, dinaikkan lebih dari 128 (pengaturan default), hingga menghasilkan pembagian warna hitam dan putih yang tepat. Contoh diatas (Nota) kami mengatur tingkat Threshold hingga 254*

* Pengaturan tingkat Gamma atau Threshold tergantung dari kualitas dokumen asal, sehingga akan berbeda-beda pengaturan tingkat setiap dokumen, silahkan mencoba mengurangi atau menambahkan levelnya.
* Bisa juga mencoba “Scan Mode” Grayscale untuk hasil scan, dan diatur tingkat Gamma-nya.

Note: untuk pengaturan Threshold, hanya akan aktif pada saat Anda memilih dokumen B/W pada “Scan Mode”.

Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Share this post
  , , ,



 
Kembali ke Seluruh News - Tips&Trik
Lihat Berita Terkait Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − seven =

Menu

Jual Scanner Plustek Terlengkap!

WordPress Themes