SOLUSI ARSIP DOKUMEN DIGITAL ANDA

Tips Memilih Headphone / Earphone

Begitu banyak jenis dan tipe headphone dipasaran terkadang membingungkan kita dalam memilih headphone, apalagi jika kita tidak begitu mengerti mengenai dunia audio. Lalu bagaimana caranya memilih headphone yang sesuai dengan kebutuhan kita secara tepat?
Dalam artikel ini akan ada beberapa tips memilih headphone yang dapat Anda ikuti.

 

1. Tentukan Jenis/Genre Musik yang Biasa Anda Dengarkan

Tips-memilih-headphone-1

Pertama, Anda harus menentukan jenis musik yang paling sering Anda dengar. Jenis musik tersebut akan mempengaruhi tipe headphone karena setiap musik memiliki karakter masing-masing. Secara garis besar dapat dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Untuk musik jazz/ Acoustic/ Unplugged membutuhkan karakter sound staging yang baik, karakter suara yang warm dan cenderung ke detail suara. Agar kesan live dari musik yang anda dengarkan bisa dinikmati dengan sempurna.
  • Untuk musik rock membutuhkan karakter yang clear dan punchy, sedangkan soundstaging tidak perlu terlalu detail.
  • Untuk musik electronik, biasanya butuh karakter headphone dengan bass yang punchy dan clarity yang tinggi karena instrumen musik didominasi oleh suara syntesizer dan dentuman bass.

 

2. Waktu Penggunaan Headphone

Tips-memilih-headphone-2

Waktu penggunaan headphone juga berpengaruh pada tipe headphone yang digunakan. Jika Anda sering menggunakan headphone untuk di luar ruangan, maka Anda bisa memilih headphone tipe closed karena model headphone closed akan memberikan isolasi dari kebisingan yang ada diluar. Dapat juga memilih headphone yang ringkas dan kompatibel dengan perangkat mobile. Sedangkan untuk di dalam ruangan atau lingkungan privasi, Anda bisa memilih tipe headphone yang open dengan kualitas suara yang maksimal.

 

3. Desain Headphone yang Ingin Anda Gunakan

Tips-memilih-headphone-3

Ada beberapa pilihan desain headphone yang dapat anda gunakan, diantaranya:

  • Tipe in ear atau ear bud yang dapat dimasukkan kedalam lubang telinga. Tipe ini memberikan isolasi kebisingan dari luar dan suara bass yang lebih dalam. Desain yang ringan dan stylish cocok digunakan saat kegiatan outdoor atau berolahraga.
  • Tipe on ear atau supra aural yang menempel dan menekan di luar lubang telinga. Tipe ini memberikan punch dan pressure lebih tinggi.
  • Tipe over ear atau circumaural yang desain bantalannya mengelilingi/menutupi daun telinga kita. Tipe ini memberikan karakter suara yang lebih natural dan nyaman digunakan untuk waktu yang lama. Tipe over ear banyak digunakan oleh profesional untuk tracking/monitoring lagu ataupun mixing.

 

4. Headphone Closed atau Open

Tips-memilih-headphone-4

Banyak orang yang mengira bahwa desain earcup pada headphone sama saja, padahal kenyataannya berbeda. Open Headphone memiliki desain earcup yang terbuka, bisa berupa lubang-lubang kecil atau jaring-jaring sehingga udara dan tekanan dapat masuk ke bagian dalam headphone. Hal tersebut memungkinkan suara lebih natural, dan juga menghasilkan soundstaging yang lebih luas dibandingkan headphone closed. cocok untuk mendengarkan konser dan musik natural, tingkat isolasi suaranya rendah. Sedangkan Closed Headphone adalah kebalikannya. Ia tidak memiliki rongga udara sehingga suara terisolasi di dalam earcup. Soundstaging menjadi tertahan dan karakter suara juga tidak terlalu natural. Minusnya adalah suara menjadi kurang natural, tetapi cocok untuk musik EDM dan musik dengan bass yang kuat.

 

5. Headphone Wire atau Wireless

Tips-memilih-headphone-5

Pemilihan antara headphone kabel dan wireless juga tergantung kepada tipe penggunaan Anda. Headphone kabel dapat dipilih jika Anda mencari headphone yang harganya terjangkau serta tidak memiliki masalah dengan keberadaan kabel jika dibawa bepergian. Sedangkan headphone wireless dapat dipilih bagi Anda yang tidak mau repot ketika bepergian atau beraktivitas. Teknologi wireless yang digunakan pun harus diperhatikan, apakah menggunakan WiFi, Bluetooth atau gelombang radio. Sedangkan kualitas suara, headphone jenis kabel biasanya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan wireless karena suara dihantarkan secara langsung tidak menggunakan gelombang frekuensi.

 

6. Tentukan Jenis Pemutar Musik yang Anda Gunakan

Tips-memilih-headphone-6

Musik player yang digunakan juga menentukan headphone yang anda butuhkan. Pada spesifikasi detail di produk headphone biasanya disertakan requirements dari produk. Salah satu yang menentukan adalah impedance. Semakin tinggi impedance dari musik player yang digunakan, maka akan memberikan tenaga yang besar pada driver headphone. Volume suara yang dihasilkan pun akan lebih besar. Tapi apabila impedance pada spesifikasi headphone lebih besar dibandingkan pemutarnya, maka volume suara akan lebih kecil dan kurang bertenaga.

Sumber disadur dari :
– http://www.jagatreview.com/2015/11/tips-memilih-headphoneearphone/
– http://teknologi.metrotvnews.com/read/2015/11/25/194606/tips-memilih-headphone-dari-sennheiser

Menu

Jual Scanner Plustek Terlengkap!

  • logo digitalsense bulat
  • WordPress Themes