SOLUSI ARSIP DOKUMEN DIGITAL ANDA

Digitalkan foto lama dan simpan moment berharga Anda

Teknologi Digital kini menjadi bagian yang terus dikembangkan di dunia. Kegunaan dan manfaatnya yang diberikan sangat banyak. Data Digital tidak memerlukan kapasitas penyimpanan, ruang atau tempat yang luas. Mendigitalkan dokumen adalah pembahasan kita saat ini. Data digital adalah sumber dari penduplikasian atau sumber dari hasil awal suatu dokumen (selama data tidak dibuat dalam bentuk manual). Data Digital memberikan kemudahan untuk segala bentuk keperluan dokumen.

Dengan berkembangnya teknologi, maka saat ini telah tersedia solusi untuk mengatasi permasalahan dokumen yang dirasa tidak aman karena dapat rusak dimakan waktu, yaitu dengan memanfaatkan teknologi Document Imaging. Dengan memanfaatkan teknologi scanner, yaitu proses penyimpanan data berupa kertas atau dokumen lain yang sejenis dan dilakukan proses pemindaian digital atau scanning. Proses scanning dapat dilakukan dengan waktu yang singkat (tidak lama), proses scan juga membantu mengefesien waktu kerja Anda. Setelah melalui proses scan, maka hasil scan dapat diatur penyimpanannya sesuai kebutuhan dan data digital dapat disimpan di media penyimpanan digital seperti Harddisk, CD, DVD, dll.

Sehubungan dengan pelestarian dokumen lama, proses scan menjadi pilihan yang tepat untuk kembali menyimpan data dokumen tersebut menjadi data digital. Dokumen yang tidak ada digitalnya, salah satunya adalah foto-foto lama. Foto-foto atau moment yang diambil tahun 60’an contohnya saja. Foto lama tersebut dapat dipastikan menggunakan kamera film atau analog.

 news-tugu-pancoran-1967news-stasiun-kota-60-an

 

 

 

 

 

Tugu Pancoran, 1962 (kiri); Stasiun Kota, 1929 courtesy of Tropenmuseum of the Royal Tropical Institute (KIT) (kanan)

Seperti contoh foto-foto diatas adalah hasil rekaman dari kamera film analog. Hasil foto diatas adalah sebuah moment lampau yang telah hilang. Pertama karena sudah menjadi sebuah foto dan tidak ada lagi kesempatan mengulang. Kedua karena, foto lama ini dapat saja hilang, rusak atau tak terawat (rapuh). Namun jika foto lama ini diScan akan menjadikannya moment yang dapat dikenang kapan saja dan dapat diduplikasi atau diperbanyak.

Share this post
  , ,



 
Kembali ke Seluruh News - Tips&Trik
Lihat Berita Terkait Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − thirteen =

Menu

Jual Scanner Plustek Terlengkap!