SOLUSI DOKUMEN DIGITAL ANDA
Search
Sesuai dengan Keyword saja
Cari di Judul
Cari di Isi
Cari di Komentar
Search in excerpt
Filter by Custom Post Type

Panduan Setting Konfigurasi DocAction

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
DocAction logo
Apa itu DocAction?
DocAction adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengatur profile scan yg kita butuhkan, setiap profile scan yg dibuat dapat diakses melalui tombol scanner, sehingga proses scan menjadi begitu mudah.
Dengan DocAction, Anda dengan MUDAH:
1. Scan beberapa lembar dokumen menjadi 1 file PDF
2. Otomatis Memperkecil Ukuran File Scan Anda (mengurangi 90% ukuran file!)
3. Sekali tekan tombol untuk scan menjadi format file digital tertentu (ada 9 pilihan format file) 4. Scan to Email
5. Scan langsung ke Word (edit file teks dokumen anda!)
6. Mengatur hasil scan Color, Greyscale, dan B/W
7. Mudah Mengatur Resolusi File Scan
dan masih banyak lainnya.

Cara Mengakses DocAction

Ada 2 cara untuk mengakses DocAction:

cara akses docaction 1

1. Melalui Start –> All Programs –> cari program Scanner Plustek yg dipakai

cara-akses-docaction-2

2. Melalui icon tray yang terdapat pada bagian kanan bawah dari desktop anda.

cara-akses-docaction-3

Note : Jika ditemukan gambar seperti di bawah ini, maka Scanner Plustek tidak terdeteksi. Biasa disebabkan Scanner masih dalam keadaan Off atau kabel tidak terhubung dengan baik.

Tampilan Panel Konfigurasi DocAction

tampilan-konfigurasi-docaction
(Tampilan konfigurasi DocAction yg sederhana, menjadi mudah untuk dipahami)

Pada bagian konfigurasi DocAction terdapat 3 bagian sekaligus tahapan untuk melakukan konfigurasi yaitu :

  • Bagian 1 Memilih nomor tombol scan yang akan di-setting pada Scanner.
  • Bagian 2 Memilih Button Template.
  • Bagian 3 Settingan konfigurasi hasil scan.

Konfigurasi 1 : Memilih Nomor Tombol Scan DocAction

konfigurasi 1

Pada tahapan ini, Anda tinggal memilih nomor profil mana yang akan digunakan. Note : Jumlah nomor profil bervariasi tergantung jenis dari Scanner Plustek yang Anda gunakan.

Konfigurasi 2 : Memilih Button Template DocAction

konfigurasi 2

Button Template adalah metode pengolahan hasil scan yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita, ada pilihan :

docaction copy utilityCopy Utility Hasil scan langsung di cetak ke printer yang terhubung juga ke PC, sehingga berfungsi seperti mesin foto copy.
docaction email utilityEmail Utility Hasil scan langsung ditampilkan dalam bentuk “attachment” pada aplikasi email seperti Microsoft Outlook.
docaction File UtilityFile Utility Hasil scan langsung disimpan kedalam bentuk file pada folder yg kita tentukan, format file yg dapat kita pilih adalah: JPEG, TIFF, BMP, PNG, PDF, Searchable PDF, Word, Excel, TXT
docaction OCR UtilityOCR Utility Hasil scan langsung diproses software OCR (Optical Character Recognition) sehingga menjadi file dengan format text seperti Microsoft Excel, Microsoft Word dan TXT file.
docaction Scan UtilityScan Utility Hasil scan langsung ditampilkan ke program aplikasi yg kita butuhkan, misal: Adobe Photoshop, Windows Photo Viewer, Paint, dll.
docaction BCR UtilityBCR Utility Khusus untuk program BizCard Reader yg berfungsi untuk menata dan mengatur database kartu nama sehingga mudah di cari kembali apabila dibutuhkan.
docaction PDF UtilityPDF Utility Hasil scan langsung disimpan kedalam bentuk file PDF, ada dua bentuk PDF yg bisa dipakai yaitu PDF dan Searchable PDF, dilengkapi pula dengan kebutuhan khusus seperti menyimpan beberapa lembar halaman dokumen menjadi 1 file PDF.
docaction FTP UtilityFTP Utility Hasil scan langsung diupload ke internet (dibutuhkan beberapa settingan utk koneksi internet terlebih dahulu)

Konfigurasi 3 : Pengaturan Hasil Scan DocAction

Pada tahapan ini, Anda perlu melakukan pengaturan terhadap hasil scan. Beberapa poin utama yang perlu Anda perhatikan diantaranya :

konfigurasi 3

A. Saving Folder – Tempat penyimpanan dokumen hasil scan. Kita dapat dengan bebas menentukan sendiri lokasi penyimpanan folder yg kita inginkan, bahkan kita dapat menyimpan ke folder yang berada di komputer lain yang terdapat di jaringan.

docaction savingfolder

B. File Name – Penamaan dokumen hasil scan. Kita dapat menentukan cara membuat nama file dari setiap hasil scan kita, ada 3 cara penamaan, seperti dibawah ini:

docaction_file_name
  • Date and Time, nama file akan secara otomatis dibuat berdasarkan tanggal dan waktu.
  • Custom, nama file akan secara otomatis dibuat dengan sebuah kata yg dapat kita buat secara bebas, misal: “dokumen” dilanjuti dengan nomor dengan jumlah digit yg kita tentukan misal: 3 digit (001), 4 digit (0001) dan seterusnya. contoh: dokumen0001
  • Display the dialog after each scan to confirm file name perfix, nama file dibuat secara manual setiap kali kita melakukan proses scanning, akan muncul “popup menu” yang harus kita isi untuk nama file setiap kali kita lakukan proses scanning.
docaction_file_name_setup

C. File Format – Format file hasil scan yang akan disimpan. Kita dapat bebas memilih format file yang kita butuhkan seperti: JPEG, TIFF, BMP, PNG, PDF, Searchable PDF, Word, Excel, TXT. Jika Anda klik tombol “Configure” pada panel ini maka akan muncul layar berikut :

docaction_file_format

Pada bagian File format configuration kita dapat menentukan kompresi file (khusus file JPEG dan TIFF), menentukan 1 file PDF untuk setiap halaman atau 1 file PDF untuk seluruh halaman (biasa digunakan untuk surat perjanjian, kontrak kerjasama, buku manual dll).

docaction_file_format_config

D. Scan Type – Jenis Scanner. Pada bagian ini kita dapat memilih sensor scanner yang akan kita gunakan, ADF Front Side (bagian bawah scanner), ADF Rear Side (bagian atas scanner), ADF Duplex (bagian atas dan bawah scanner), sedangkan “Long Paper” khusus untuk scanning kertas yang panjang (masing-masing scanner memiliki kemampuan scan kertas panjang yg berbeda-beda)

docaction_scan_type

E. Page Size – Ukuran dokumen. Pada bagian ini kita dapat mengatur besar dokumen yang akan kita scan, seperti ukuran A4, Letter, Legal bahkan ukuran khusus seperti F4 / Folio. Kita juga dapat membuat ukuran khusus yang kita inginkan sebanyak yang diperlukan dengan memilih pilihan “Custom” dan akan muncul tampilan berikut :

docaction_page_size
docaction custom page size
Contoh membuat ukuran kertas khusus.

F. Scan Mode – (Color, Grayscale, Black & White). Pada bagian ini kita dapat memilih format warna yang kita kehendaki, seperti “Color” untuk dokumen berwarna, “Grayscale” untuk dokumen hitam putih yg bergambar, “Black & White” untuk dokumen hanya teks hitam putih.

docaction scan mode

G. Resolution – Tingkat ketajaman kualitas dokumen hasil scan. Pada bagian ini kita dapat menentukan besar resolusi yang kita butuhkan, 150 dpi untuk scan to email, 300 dpi untuk dokumen biasa dan OCR, 600 dpi hanya untuk apabila kita ingin melakukan pembesaran 2x lipat dari dokumen asli pada saat mencetaknya kembali. Note : Semakin tinggi resolusi yg kita gunakan, hasil scan akan semakin tajam, namun semakin besar file dokumen digital yg akan dihasilkan

docaction_resolution

H. Page Rotation Setting – Pengaturan Peletakan Kertas. Pada bagian ini kita dapat mengatur arah dari dokumen yg akan kita scan. Jika tombol “Configure” ditekan, maka akan muncul layar berikut:

docaction_resolution

Kita juga dapat mengaktifkan fitur “Auto Rotate” yang berfungsi untuk menentukan arah yang benar dari setiap dokumen yg kita scan meskipun posisi dokumen terbalik-balik (fitur ini hanya berlaku untuk dokumen dengan format teks atau tulisan).

docaction_rotate_setting

I. Panel Fitur Pada bagian ini kita dapat melakukan setting terhadap berbagai macam fitur yang dimiliki oleh scanner Plustek.

  1. Brightness, Contrast, Gamma & Threshold, digunakan untuk mengatur terang, gelap, permainan warna pada dokumen apabila dibutuhkan perubahan khusus terhadap dokumen dengan kondisi yang kurang baik kualitasnya
docaction_feature
  1. Color Dropout, fitur ini berfungsi untuk menghilangkan warna tertentu seperti Merah, Hijau, atau Biru.Note : Sangat bermanfaat untuk proses scan Lembar Jawab Komputer, karena dapat meningkatkan tingkat akurasi penilaian.
docaction ColorDropout
  1. Descreen, fitur ini digunakan untuk menscan materi seperti brosure atau materi yg dicetak dari mesin offset, karena umumnya hasil scan dari brosure menghasilkan efek moire (berbayang) sehingga apabila fitur ini diaktifkan maka efek berbayang tersebut dapat dihilangkan.
  2. Continuous Scan, fitur ini digunakan untuk proses scan dokumen dalam jumlah banyak secara berkelanjutan, umumnya digunakan apabila jumlah dokumen yang di scan melebihi batas kapasitas daya tampung kertas dari scanner, hasil scan akan dijadikan 1 file.
  3. Apply Color Matching, fitur ini berfungsi untuk melakukan koreksi terhadap kualitas warna pada dokumen yang akan di scan (hanya digunakan apabila kualitas warna dari dokumen kurang baik)
  4. Auto Density, fitur ini mengatur densitas (tingkat kerapatan warna) dari dokumen yang akan discan (hanya digunakan apabila kualitas densitas dari dokumen kurang baik)
  1. Auto Threshold, fitur ini digunakan untuk mengidentifikasi dan mengkoreksi bayangan yang terdapat pada tulisan.
  2. Auto Crop, fitur ini berfungsi untuk mengidentifikasi secara otomatis besar dokumen yg kita scan.
docaction AutoThreshold
  1. Auto Deskew, fitur ini secara otomatis akan meratakan hasil scan apabila posisi dokumen miring.
docaction AutoDeskew
  1. Remove Blank Pages, fitur ini secara otomatis tidak menscan dokumen yg tampak kosong.
docaction BlankPageRemoval

J. Global Setting – Pengaturan Tambahan Pada bagian ini kita dapat mengatur beberapa settingan dari fitur-fitur seperti Remove Blank Page, Image Edge Fill, Multi Image OutPut dan Remove Punch Hole. Jika tombol “Global Setting” ditekan, maka akan muncul panel dengan 4 tab seperti berikut :  

docaction_global_Setting
  • Remove Blank Page Kita dapat mengatur tingkat sensitifitas kekosongan kertas, kita juga dapat menampilkan informasi terhadap halaman nomor berapa yang kosong dan dihilangkan.
docaction remove blank pages
  • Image Edge FillPada bagian ini kita dapat mengatur warna bingkai foto yg kita inginkan dan besar bingkainya.
docaction image edge fill
contoh-image-edge-fill
Contoh fitur Image Edge Fill
  • Multi Image Output
    Pada bagian ini kita dapat melakukan settingan terhadap resolusi dari setiap hasil scan yg kita inginkan. Fitur ini digunakan untuk mempermudah dan mempersingkat proses scan, dengan sekali scan (dengan pilihan format Color) kita mendapatkan 3 file dengan format warna yg berbeda yaitu Color, Grayscale dan Black & White.
docaction multi image output
docaction-multi-image-output2
  • Remove Punch Hole
    Fitur ini dapat secara otomatis menghilangkan lubang yg terdapat pada dokumen, sehingga hasil scan menjadi lebih rapih dan bersih.
docaction_remove_punchhole
remove-punchole

Selamat mencoba!
Scanner Plustek! Solusi untuk dokumen digital anda!
Catatan: beberapa fitur hanya terdapat pada tipe scanner Plustek tertentu.

3 Langkah Mudah Scan Dokumen

scanmudah-masukandokumen

1. Letakkan Dokumen Anda kedalam scanner Masukkan dokumen yang akan discan secara rapi lalu rapatkan paper feeder sesuai ukuran dokumen

scanmudah-tekantombol

2. Pilih profil dan tekan tombol scan Tekan tombol panah atas atau bawah untuk memilih nomor profil scan yang telah di atur di DocAction, lalu tekan tombol scan

scanmudah-filesiap

3. Hasil scan siap digunakan Hasil scan berupa file format digital dan siap digunakan

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
WordPress Themes