SOLUSI ARSIP DOKUMEN DIGITAL ANDA

Scanner Bermasalah? Tips Rawat Scanner

scanner anda bermasalah
2. Rawat Mata Scanner
Pada scanner, salah satu bagian terpenting adalah “mata scanner”. Setiap kali dokumen di-scan, kertas dokumen harus melewati mata scanner dalam keadaan menempel / hampir menempel, sehingga debu yang menempel di dokumen (seperti debu, serbuk fotocopy, serbuk printer laser, tinta printer) bisa menempel dan mengurangi daya baca mata scanner tersebut.

Untuk Scanner tipe ADF (seperti gambar disamping):
Jadi lap dengan lap berbahan lembut (misalnya berbahan micro fibre, agar tidak menggores mata scanner).
Gunakan gerakan satu arah saja di sepanjang mata scanner dengan tekanan yang lembut. (misal: apabila dari kiri ke kanan, maka teruskan mengelap dari arah kiri ke kanan, JANGAN digosok bolak balik)Scanner anda bermasalah pada saat diperlukan memang bikin kesal. Atau bahkan berumur pendek dan perlu diganti hampir secara rutin (setiap tahun sekali). Hal-hal tersebut dapat dicegah dan menghemat pengeluaran uang anda.
Simak tips-tips mudah merawat scanner anda.

 
Bagi anda yang sering menggunakan scanner dalam pekerjaan sehari-hari, pastilah anda ingin scanner anda tetap dapat bekerja dengan baik dan optimal dalam jangka waktu yang lama.
Scanner, sebagaimana alat elektronik seperti umumnya, membutuhkan perawatan agar dapat berfungsi secara baik dan terawat. Tidak perlu cara-cara yang ribet dalam merawat scanner.
 
Berikut adalah tips-tipsnya yang bisa anda ikuti:
 
 

Tips Merawat Scanner:

(note: pada saat pembersihan pastikan scanner dalam keadaan mati/OFF)
 
rutin bersihkan permukaan scanner1. Rutin Membersihkan Scanner
Jaga kebersihan Scanner (atau barang elektronik anda) dari debu dan kotoran lainnya. Debu-debu yang menempel pada bodi scanner bisa masuk kedalam scanner, dimana didalam scanner terdapat banyak bagian-bagian yang bergerak (moving parts). Dan debu yang menumpuk dapat menghambat kerja mesin scanner dan akhirnya bisa merusak bagian yang bergerak tersebut.

Jadi lap/bersihkan scanner manakala terlihat berdebu atau kotor. Gunakan lap lembut yang agak lembab (dibasahkan sedikit) agar bisa mengangkat debu, bukan menggeser debu. Dan jangan arahkan ke “mulut” scanner, tapi lap ke arah menjauh dari “mulut” scanner, hal ini agar debu tidak malah masuk ke dalam scanner.

bersihkan mata scanner2. Rawat Mata Scanner
Pada scanner, salah satu bagian terpenting adalah “mata scanner”. Setiap kali dokumen di-scan, kertas dokumen harus melewati mata scanner dalam keadaan menempel / hampir menempel, sehingga debu yang menempel di dokumen (seperti debu, serbuk fotocopy, serbuk printer laser, tinta printer) bisa menempel dan mengurangi daya baca mata scanner tersebut.

Untuk Scanner tipe ADF (seperti gambar disamping):
Jadi lap dengan lap berbahan lembut (misalnya berbahan micro fibre, agar tidak menggores mata scanner).
Gunakan gerakan satu arah saja di sepanjang mata scanner dengan tekanan yang lembut. (misal: apabila dari kiri ke kanan, maka teruskan mengelap dari arah kiri ke kanan, JANGAN digosok bolak balik)

 
**Untuk tipe Scanner Flatbed:**
Gunakan lap berbahan lembut juga dan gerakan satu arah pada permukaan kaca.
 
Note: beri perhatian lebih pada saat membersihkan mata scanner ADF,karena mata scanner ini merupakan bagian yang amat penting.
 
 
bersihkan pickup roller

3. Bersihkan barang-barang scanner yg bergerak
Bagian terpenting lainnya pada scanner adalah Penarik Kertas (Roller). Benda ini berbahan karet lembut yang digunakan scanner untuk menarik kertas.
Karena harus selalu menempel pada permukaan dokumen kertas, Penarik Kertas ini paling sering berdebu dan akhirnya tidak optimal dalam proses penarikan kertas.

Untuk Scanner tipe ADF: (seperti di gambar samping)
Bersihkan Penarik Kertas (Roller) dengan kain agak lembab hangat (agak basah menuju kering). Di lap hingga tidak ada debu yang menempel dan dirasakan oleh jari sudah tidak terasa licin lagi. Pastikan Penarik Kertas sudah kering sebelum dipasang kembali ke scanner.
(Biasakan membersihkan Penarik Kertas ini seminggu sekali apabila anda sering men-scan dokumen, atau sebulan sekali apabila jarang men-scan. Bagian ini bisa habis, tapi umur pakainya panjang sekali, biasanya ± 2-3 tahun)

Untuk Scanner tipe Flatbed:
Bagian gir (gear) dalam scanner harus diberi pelumas dalam jangka waktu 3 bulan sekali apabila anda sering melakukan scanning, apabila tidak sering cukup setengah tahun sekali.
(Sebaiknya pekerjaan ini tidak dilakukan sendiri, karena memerlukan pembukaan penutup dan bodi scanner, dimana pembukaan bodi scanner oleh anda sendiri bisa menghilangkan garansi produk)

singkirkan bekas staples4. Singkirkan Benda Tajam atau Keras Pada Dokumen Scan
Sebelum men-scan hendaknya anda memperhatikan dokumen-dokumennya terlebih dahulu.

Benda-benda seperti staples, klip kertas, atau bahan dokumen yang terlalu kasar dapat menggores mata scanner dan merusak benda bergerak dalam scanner.

Hal seperti ini terlihat sepele, tetapi banyak sekali terlewatkan dan akhirnya merusak scanner anda.

matikan scanner5. Hindari Over-Heat atau Over-Use
Scanner, seperti umumnya barang eletronik lainnya, juga mempunyai masa layak pakai. Walaupun begitu, kita bisa memperpanjang umur scanner dengan memakainya sesuai dengan batas-batas yang dianjurkan. Pada scanner ADF ada Batas Ideal Penggunaan scan dokumen per hari, antara 1500-8000 lembar / hari.
Scanner bisa dipaksakan melebihi batas itu, tetapi akan dapat lebih cepat memperpendek umur scanner karena panas dari mesin yang berlebihan. Pada Scanner tipe Flatbed juga ada batas ideal penggunaan per hari nya.

Juga matikan Scanner anda pada saat meninggalkan kantor atau pada saat sedang tidak digunakan pada waktu yg lama, karena selain bisa menghemat listrik juga tidak menimbulkan panas yang tidak diperlukan.

 
Kenalilah dengan baik produk scanner anda sebelum menggunakannya.
 
Dengan melakukan perawatan sederhana seperti diatas, umur scanner akan lebih panjang dan pemakaiannya akan selalu optimal. Semoga bermanfaat!    🙂
Share this post



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − five =

Menu

Jual Scanner Plustek Terlengkap!

WordPress Themes