SOLUSI ARSIP DOKUMEN DIGITAL ANDA

Perbedaan sensor CCD dan CIS pada scanner

teknologi ccd dan cis

eknoloSahabat Digitalsense, Bagaimana sih scanner itu bisa menangkap / memindai gambar? Tentunya scanner bekerja dengan menggunakan sensor untuk menangkap gambar. Nah, sensor dalam scanner ada 2 jenis yaitu sensor CCD dan CIS. Berikut pembahasan lengkapnya mengenai perbedaan kedua jenis sensor tersebut.

Scanner adalah alat untuk memindai dokumen untuk kemudian disimpan menjadi data digital. Sekarang ini scanner semakin dibutuhkan baik untuk pribadi maupun perusahaan, karena banyak manfaat yang didapatkan seperti arsip dokumen penting, foto-foto kenangan, surat berharga, buku, passport, dan yang lainnya. Jenis scanner pun semakin banyak menyesuaikan dengan kebutuhan itu sendiri seperti scanner untuk buku, kartu nama, scanner ukuran A3, scanner film, hingga scanner yang bisa men-scan dokumen dalam jumlah banyak seperti scanner ADF.

 
Sensor scanner CCD

ccd-scanning-technology

CCD adalah singkatan dari Charged Coupled Device. Pada dasarnya, ini adalah jenis sensor pencitraan yang sama ditemukan di dalam kamera digital. CCD menggunakan lensa yang sebenarnya untuk mengurangi gambar penuh ke sensor pencitraan. Metode ini sangat bagus untuk menangkap rincian resolusi sangat tinggi bersama dengan ruang warna yang lebar. Hal ini karena detail halus dalam jenis scanner CCD yang menjadi scanner pilihan untuk resolusi grafis yang lebih tinggi dan aplikasi artistik. Jenis scanner CCD ini juga sudah umum digunakan untuk scan AEC (Architectural, Engineering, & Construction) atau teknis juga.

Manfaat lain dari sensor CCD adalah lebih mendalam untuk ruang tajam. Hal ini berguna jika Anda berencana untuk memindai banyak lembaran terlipat. Dengan teknologi CCD, garis lipat dapat ditweak sedikit melalui software scanning sehingga garis lipatan tidak tampak sebagai gambar pada banyak file yang dipindai. Scanner CCD juga memiliki kemampuan untuk memindai “mount” atau asli tebal.

Sensor scanner CIS

cis-scanning-technology

Contact Imaging Sensor (CIS) adalah jenis lain dari teknologi pemindaian. Alih-alih menggunakan lensa standar untuk mengurangi gambar asli ke sensor, teknologi CIS menggabungkan banyak serat lensa optik untuk mentransfer informasi gambar asli ke array sensor. Teknologi CIS lebih murah daripada model CCD tradisional.

Karena tidak ada kamera untuk mengkalibrasi dan sensor dikendalikan oleh perangkat lunak, ada perawatan yang banyak berkurang dengan scanner CIS. Tapi, karena kurang kedalaman bidang optik, garis lipatan dan kerutan akan terlihat pada CIS. Juga, ada pengurangan informasi ruang warna dengan CIS. Kecuali jika Anda ingin menangkap warna terutama primer, CIS bisa membuat Anda menginginkan lebih sedikit.

Perbandingan

news-sensor-CCD-vs-CIS

Kesimpulan

Jika Anda bekerja dengan gambar CAD / GIS dan Anda ingin memindai mereka ke dalam format digital – CIS layak menjadi pertimbangan Anda. Ini tentu lebih hemat biaya dan solusi yang efektif. Tapi, jika persyaratan Anda lebih menuntut pada kualitas, Anda harus benar-benar melihat dan mengambil scanner CCD.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Share this post
  ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − three =

Menu

Jual Scanner Plustek Terlengkap!

WordPress Themes