SOLUSI DOKUMEN DIGITAL ANDA

Pengertian & Fungsi Format Digital dalam Scanning

pengeritan berbagai format digital dalam dunia scanning
Bagian terakhir dalam proses scan adalah penyimpanan hasil scan. Menentukan format digital yang tepat amat penting dan bermanfaat dalam meng-efisienkan ukuran file penyimpanan dan fungsi dari file digital itu sendiri.
Biasanya hasil scan yang kita simpan berupa gambar (JPEG), tetapi seiring dengan perkembangan teknologi hasil scan pun dapat disimpan ke berbagai format yang memudahkan kita dalam mengatur, meng-edit, memproses atau membuka nya di berbagai media elektronik yang ada sekarang. Cari tahu yuk apa-apa saja file format dan peruntukannya 🙂
 
Untuk memudahkan kita dalam penyimpanan file, Scanner Plustek pun menyediakan fitur teknologi yang memudahkan kita dalam menyimpan hasil scan langsung dengan mudah ke berbagai format digital hanya dengan menyentuh tombol yang tersedia di Scanner Plustek, yaitu: PDF, Searchable PDF, Miconicrosoft Word (.doc), Microsoft Excel (.xls), TXT, PNG, JPEG, TIFF, dan BMP.
 
 
Berikut beberapa pengertian dan fungsi dari masing-masing format penyimpanan, yaitu :
 
1. icon pdf PDF (Portable Document Format)
Format penyimpanan file dalam bentuk “.pdf” yang mampu menampilkan data berupa teks maupun gambar. Setiap file menyimpan bentuk format penulisan dan jenis huruf.
Secara umum dibuka menggunakan software Adobe Acrobat Reader.
Cocok untuk: dokumen digital yang mempunyai format penulisan, dokumen yang berisi gambar dan teks sekaligus.
 
2. icon searchable pdf Searchable PDF (Searchable Portable Document Format)
Sama dengan bentuk file “.pdf” hanya bedanya dalam Searchable PDF, kata atau kalimat dalam dokumen tersebut bisa dicari. Bentuk format ini berhubungan erat dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition) pada scanner. (untuk lebih jelasnya bisa melihat bagian OCR (Optical Character Recognition), di news kami lainnya)
Secara umum dibuka menggunakan software Adobe Acrobat Reader.
Cocok untuk: dokumen digital, novel/komik/buku digital sehingga memudahkan dalam pencarian teksnya.
 
3. icon word
.doc (Microsoft Office Word)
Format penyimpanan file dari Microsoft Word yang dimana bentuk format ini mampu menyimpan teks dan format penulisan. Penyimpanan hasil scan dengan menggunakan format ini berhubungan langsung dengan OCR (Optical Character Recognition), sehingga dapat langsung di edit kata atau kalimat dalam dokumen tersebut.
Secara umum dibuka menggunakan software Microsoft Office Word.  
Cocok untuk: dokumen yang mau diubah sebagian teksnya.
 
4. icon excell
.xls (Microsoft Office Excel)
Format penyimpanan file dari Microsoft Excel yang dimana bentuk format ini mampu mengenali format tabel/bagan dalam dokumen asli.
Secara umum dibuka menggunakan software Microsoft Office Excel.
Cocok untuk: dokumen yang berbentuk tabel.
 
5. icon txt
.txt
Bentuk format “.txt” umum dapat dibuka di semua komputer, hampir tanpa memerlukan software khusus, karena sudah disediakan dari komputer anda masing-masing. Format ini hanya menyimpan tulisan (teks), dengan sedikit sekali bentuk penulisan (tanpa ada bold, italic, dan sejenisnya), selain kemudahan membuka file dimana pun, format ini mempunyai ukuran file terkecil dibanding dengan format lainnya.
Secara umum dibuka menggunakan Notepad (di Windows) dan TextEdit (di MacOs).
Cocok untuk: dokumen tulisan tanpa bentuk penulisan dan gambar apapun, penyimpanan dokumen digital dengan kapasitas kecil/terbatas, kemudahan membuka file di media elektronik apapun.
 
6. icon jpeg
.jpeg (Joint Photography Expert Group) atau .jpg
Bentuk format ini dikhususkan untuk penyimpanan file gambar/foto. Format “.jpeg”  ini dapat diatur tingkat kompresi nya, sehingga antara kualitas dan kapasitas penyimpanan bisa diatur (semakin besar kompresi gambar maka semakin kecil ukuran file, begitu juga sebaliknya). Akan tetapi, hasil scan JPEG apabila dikompres terlalu banyak akan menghilangkan kedetailan gambar dan warna yang kurang tajam.
Secara umum dibuka menggunakan Windows Picture, Paint, dan software lain yang menunjang.
Cocok untuk: dokumen yang berbentuk gambar atau foto, pengiriman file gambar melalui email.
 
7. icon png
.png (Portable Network Graphic)
Bentuk format file “.png” ini dikhususkan juga untuk penyimpanan file gambar/foto, hampir sama seperti format .jpeg.  Namun bentuk file ini optimal untuk menyimpan gambar atau dokumen yang banyak menggunakan warna solid (tidak lebih dari 256 warna), karena dasar algoritma penyimpanannya menggunakan “jumlah warna” hasil penyimpanannya hampir tanpa kompresi sama sekali, sehingga file gambar akan tetap sama seperti aslinya. Bentuk format ini bisa menampilkan gambar transparan.

Secara umum dibuka menggunakan software Windows Picture, Paint, dan software lain yang menunjang.

Cocok untuk: dokumen yang berbentuk gambar dengan warna solid (tidak lebih dari 256 warna) dan penggunaan file gambar di internet.
 
8. icon tiff
.tiff (Tagged Image File Format)
Bentuk format file “.tiff” juga dikhususkan untuk penyimpanan file gambar/foto. Format .tiff sering digunakan untuk mencetak, karena format ini mendukung “kedalaman warna tinggi” (high color-depth image) dibanding dengan format .jpeg dan .png. Penyimpanan hasil scan dalam bentuk TIFF sangat cocok untuk hasil cetak dalam bentuk foto karena hasil gambar meskipun dikompres tetap menjaga kualitas gambar dan warna. Akan tetapi, ukuran file sangat besar.
Secara umum dapat dibuka menggunakan software Windows Picture, Adobe Photoshop, dan software lain yang menunjang.
Cocok untuk: dokumen yang berbentuk gambar atau foto untuk dicetak offset.
 
9. icon bmp
.bmp (Bitmap)
Hampir sama dengan format .tiff hanya bedanya “.bmp” biasanya digunakan untuk format file uncompressed (tidak ada kompresi) di system operasi Windows. Akan tetapi, .bmp sudah jarang digunakan karena ukuran file yang besar, sedangkan kualitasnya bisa hampir disamakan dengan format lainnya. Kelebihannya adalah file ini mendukung transparent layer.
Secara umum dibuka menggunakan software Windows Picture, Paint, dan software lain yang menunjang.
Cocok untuk: dokumen yang berbentuk gambar atau foto yang kemudian untuk diproses print atau digunakan untuk keperluan internet.
 
 
Demikian tentang file digital seputar Scanner. Semoga bermanfaat 🙂 
Share this post



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − nine =

/**/