SOLUSI ARSIP DOKUMEN DIGITAL ANDA

Bagaimana Cara Kerja Program OCR (Optical Character Recognition)?

Teknologi OCR (Optical Character Recognition) sudah lama kita dengar, tetapi apakah kita sudah mengetahui fungsi dan cara kerja dari software tersebut?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa software OCR berfungsi untuk merubah file Image/Gambar menjadi file Teks dengan format TXT. Hal ini berguna apabila kita ingin mendapatkan file teks dari sebuah surat tanpa harus mengetik ulang seluruh tulisan yang terdapat didalam surat tersebut.

Pada dasarnya setiap scanner hanya menghasilkan file gambar/image dalam format TIFF saja, setelah file gambar/image tersebut dihasilkan, file tersebut di kirim ke dalam komputer dan langsung disambut dan diproses oleh program OCR untuk diproses menjadi file teks, berikut ini saya jelaskan susunan cara kerja software OCR tersebut:

1. Meratakan gambar (Auto Deskewing)
File image (gambar) akan diatur kemiringannya, apabila hasil scan ada kemiringan, maka gambar akan dibuat sejajar atau lurus.

2. Menganalisa (Analysis)
Software (program) OCR akan menganalisa dan memisahkan bagian teks dan bagian gambar.

3. Otomatis mengatur arah gambar (Auto Orientation)
Software (program) OCR akan mengambil sebagian area pada file image (gambar) dan mengidentifikasi arah teks yang benar. File image (gambar) akan diputar ke arah yang benar, pilihannya adalah 90°, 180°, atau 270°.

4. Memisahkan setiap karakter huruf dan angka (Separating single character)
Software (program) OCR akan memisahkan setiap karakter yang terdapat pada image (gambar) menjadi sebuah huruf atau angka.

5. Mengidentifikasi gambar (Capturing the features of the characters and comparing)
Software (program) OCR akan mengidentifikasi satu persatu setiap gambar yang sudah dipisahkan, dan melakukan pengecekan terhadap database yang dimiliki oleh software (program) OCR, dan menetapkan huruf atau angka yang akan digunakan.

6. Menghasilkan file akhir (Recognition result output)
Setelah setiap image (gambar) sudah dirubah menjadi huruf atau angka (format teks) maka software (program) OCR akan menghasilkan sebuah file dengan format teks, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, TXT, Rich Text dan Searchable PDF, tergantung dari pengaturan awal.

Catatan:
Untuk menghasilkan sebuah proses OCR yang sempurna, gunakan resolusi scan 300dpi, dengan format warna Grayscale.

Ada juga kebutuhkan untuk mengkonversi buku menjadi “buku digital” sehingga kita tidak perlu repot-repot membawa buku lagi, semua buku kita sudah terdapat didalam komputer kita.

Kesimpulannya adalah Software OCR berfungsi untuk merubah data gambar/image menjadi teks, hal ini membantu kita untuk mendapatkan data teks secara cepat dari sebuah surat/dokumen.
Semoga bermanfaat!

Mau bisa Edit langsung dokumen ke Word atau Excel?

Gunakan scanner dokumen Plustek untuk otomatis OCR.

Untuk anda yang mempunyai dokumen lembaran banyak gunakan Scanner Otomatis ADF Plustek. Sedangkan untuk dokumen jilid dan foto gunakan Scanner Flatbed Plustek.

Sudah punya scanner Plustek?

Lihat cara aktifkan fitur OCR-nya disini. Mudah!

Selamat anda sudah mempunyai Scanner Plustek! Anda bisa dengan mudah mengubah dan mengedit langsung dokumen anda ke Word atau Excel.

Share this post
  , , , , ,



 
Kembali ke Seluruh News - Tips&Trik
Lihat Berita Terkait Lainnya:

2 thoughts on “Bagaimana Cara Kerja Program OCR (Optical Character Recognition)?

    • terima kasih kembali pak Galih 🙂
      Kami harap bisa memberikan info dan membantu sebaik kami bisa.

      Apabila ada pertanyaan bisa langsung menghubungi kami pak Galih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 5 =

Menu

Jual Scanner Plustek Terlengkap!

WordPress Themes